Pilihan Child Free Pada Era Kontemporer: Studi Q.S Al-Furqan Ayat 54 Dalam Kajian Tafsir Maqasidi
Introduction, Keluarga Dalam Islam, Pendekatan Tafsir Maqasidi Dalam Q.S Al-Furqan: 54, Hasil Penelitian Dan Pembahasan, Kesimpulan
DOI:
https://doi.org/10.71349/rahmad.v2i2.24Kata Kunci:
Child-free, Tafsir Maqasidi, Era KontemporerAbstrak
Fenomena child-free menjadi salah satu topik yang banyak dibicarakan di era modern, terutama dalam konteks masyarakat Muslim yang menjunjung tinggi nilai keluarga dan keberlanjutan generasi. Pilihan untuk tidak memiliki anak dianggap bertentangan dengan prinsip-prinsip agama, sehingga memerlukan telaah yang lebih mendalam. QS. Al-Furqan/25: 54, yang mengupas penciptaan manusia, hubungan kekerabatan, dan hikmah di baliknya, dijadikan landasan utama untuk memahami isu ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena child-free melalui pendekatan tafsir maqasidi guna menilai kesesuaiannya dengan tujuan-tujuan utama syariat Islam, khususnya perlindungan keturunan (hifzh al-nasl). Penelitian menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Sumber data utama mencakup tafsir klasik seperti Tafsir al-Baidhawi dan Tafsir al-Qurtubi, serta tafsir kontemporer dan literatur modern yang membahas fenomena ini. Teori maqasid syariah menjadi kerangka analisis untuk menggali relevansi ayat dalam menjawab permasalahan sosial kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pilihan child-free bertentangan dengan maqasid syariah yang menekankan pentingnya keberlangsungan generasi untuk kelangsungan umat. Namun, analisis maqasidi juga menekankan pentingnya mempertimbangkan konteks individu, seperti kesehatan atau alasan darurat, yang dapat memengaruhi keputusan tersebut. Kesimpulannya, pengaturan kelahiran diperbolehkan dalam Islam, tetapi penolakan keturunan secara permanen tidak dibenarkan. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan dakwah berbasis maqasid syariah yang tidak hanya menyoroti nilai-nilai agama tetapi juga memberikan edukasi komprehensif mengenai dampak sosial dan spiritual dari pilihan child-free. Dengan demikian, pendekatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih holistik bagi umat Islam di era modern.
Referensi
Abdullah, Amin. Islam Dan Tantangan Zaman: Dakwah Sebagai Solusi Kontemporer. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press, 2017.
Al-Ghazali. Ihya’ Ulumuddin. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2005.
Al-Hajjaj, Muslim bin. Shahih Muslim. Beirut: Dar Ihya’ al-Turath al-Arabi, 1995.
Al-Jaziri, Abdurrahman. Fiqh Empat Madzhab: Pandangan Ulama Klasik Terhadap Kehidupan Modern. Jakarta: Pustaka Amani, 2008.
Al-Nawawi. Riyad As-Salihin. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1999.
Al-Qaradhawi, Yusuf. Fiqh Al-Asrah Al-Muslimah. Beirut: Dar al-Shuruq, 1999.
———. Fiqh Al-Asrah Al-Muslimah. Kairo: Maktabah Wahbah, 2000.
Al-Syatibi. Al-Muwafaqat Fi Usul Al-Shariah. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1997.
Al-Syaukani, Muhammad bin Ibrahim. Nailul Awtar. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1999.
Al-Tabari, Muhammad bin Jarir. Jami’ Al-Bayan Fi Tafsir Al-Qur’an. Kairo: Dar al-Hadith, 2001.
Al-Tantawi, Muhammad al-Tahir. Al-Wadih Fi Tafsir Al-Qur’an. Beirut: Dar al-Qalam, 2001.
Auda, Jasser. Maqasid Al-Shariah as Philosophy of Islamic Law: A Systems Approach, 2008.
Bayyah, Abdullah bin. Islamic Ethics: A Maqasidi Perspective. Riyadh: King Saud University Press, 2015.
Katsir, Ibnu. Tafsir Al-Qur’an Al-Azim. Riyadh: Dar Tayyibah, 1990.
Nasr, Seyed Hossein. The Islamic Concept of Marriage and Family. Tehran: World Islamic Studies Center, 1990.
Ramadan, Tariq. Islamic Law and the Challenges of the Modern World. New York: Oxford University Press, 2018.
Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 1996.
———. Tafsir Al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Ulwan, Abdullah Nasih. Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Beirut: Dar as-Salam, 1992.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Irwan Syah, Taufiq

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The works shared below License Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA)


