Konsep Pendidikan Beradaskan Term Al-Mau’idzah Dalam Al-Qur’an, QS. Al-Nahl/16: 125, Al-Baqarah/2: 232, Al-Nisa/4: 34, 66, Yunus/10: 57

Introduction, Metode Penelitian, Pengertian Al-Mau’idzah, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Kesimpulan, Bibliography

Penulis

  • Taufan STIQ Bima
  • Muhammad Aminullah Institut Agama Islam IAI Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.71349/rahmad.v2i2.26

Kata Kunci:

Konsep Pendidikan, Al-Mau’idzah, Al-Qur’an

Abstrak

Penelitian ini mengkaji konsep pendidikan berdasarkan konsep al-Mau’idzah yang terdapat dalam beberapa ayat al-Qur'an, yaitu surah al-Nahl ayat 125, surah al-Baqarah ayat 232, surah al-Nisa ayat 34 dan 66, serta surah Yunus ayat 57. Al-Mau’idzah, secara etimologis, merujuk pada nasihat, pengajaran, atau bimbingan yang disampaikan dengan penuh hikmah dan kebijaksanaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diterapkan dalam konteks pendidikan moderen. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif terhadap ayat-ayat al-Qur'an yang relevan, dengan memanfaatkan pendekatan tafsir dan studi komparatif terhadap pandangan para ahli. Hasil analisis menunjukkan bahwa konsep al-Mau’idzah menekankan pentingnya pendidikan yang komprehensif, yang mencakup aspek spiritual, moral, dan intelektual. Dalam konteks ini, pendidikan diartikan sebagai proses menyampaikan nilai-nilai kehidupan yang dapat membentuk karakter dan moralitas individu secara menyeluruh. Penelitian ini menyoroti Implikasi konsep al-Mau’idzah dalam pengembangan teori dan praktik pendidikan Islam, hal ini mencakup penekanan pada pendekatan pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai, penguatan karakter, dan pembentukan kepribadian yang kuat. Dengan memahami konsep-konsep ini, pendidik dapat mengintegrasikan nilai-nilai al-Mau’idzah ke dalam kurikulum dan metode pengajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang holistik dan berkelanjutan dalam masyarakat kontemporer. Studi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting dalam literatur pendidikan Islam, dengan memperluas wawasan tentang relevansi nilai-nilai al-Mau’idzah dalam membangun masyarakat yang lebih baik melalui pendidikan yang bermakna dan berdampak positif.

Referensi

Adi, Konsep Dakwa Dalam Islam, Jurnal Pendidikan al-Rasyid, Vol. 7, No. 3, April, 2022.

al-Bayanuniy Ilmu Dakwah Prinsip dan Kode Etik, Berdakwah Menurut al-Qur’an dan al-Sunnah, Jakarta Timur: Akademika Pressindo, 2010.

al-Bilal, Abdl Hamid. Fiqh al-Da’wah Fi Ingkar al-Mungkar, Kuwait: Dar Al-Dakwah, 1989.

Alu, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq; Penerjemah, M. Abdul Ghoffar; Tafsir Ibnu Katsir, Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2009.

Fadilah, Hikmah Dalam Tafsir Ibnu Katsi, Jurnal al-Qur’an Tafsir, Vol. 3, No. 1, Agustus, 2020.

Fadlullah, Metodologi Dakwah Dalam al-Qur’an, Jakarta: Lentera, 1997.

Fahmi, dkk, Ciri-Ciri Hikmah Menurut al-Qur’an. Kajian Perbandingan Tafsir al-Azhar dan al-Mishbah, Jurnal al-Qur’an dan Tafsir, Vol. 1, No, 2, Mei, 2024.

Husayn, Uslub al-Da’Wat Fi al-Qur’an, terj. Tarmana Ahmad Qasim. Metodologi Dakwah Dalam al-Qur’an, Jakarta: Pt Lentera Basritam, 1997.

Ida dkk, Studi Kritik Nikah Tampa Wali Kajian Tafsir Ahkam QS. Al-Baqarah: 232, Jurnal Studi Islam, Vol. 2, No. 2, Maret, 2021.

Ismail, Ilyas Ismail, Paradigma Dakwah Sayyid Quthub, Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Harakah, Jakarta: Penamadani, 2008.

Ismail, Ilyas. Paradigma Dakwah Sayyid Quthub: Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Harakah, Cet-2, Jakarta: Penamadani, 2008

Kementerian Agama Republik Indonesia, al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: PT. al-Qosbah Karya Indonesia, 2021.

Muhiddin, Dakwah Dalam Perspektif al-Qur’an, Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Muhidin, Dakwah Dalam Perspektif al-Qur’an, Bandung: CV Pustaka Setia, 2002.

Muriah, Siti. Metode Dakwah Kontemporer, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2000.

al-Qahtani, Said bin Ali. Dakwah Islam Dakwah Bijak, Jakarta: Gema Insani Press, 1994.

al-Suhaimi, Fawwaz bin Hulayyil bin Rabah. Penerjemah, Beni Sarbeni. Begini Seharusnya Berdakwah: Kunci Sukses Dakwah Salaf, Jakarta: Darul Haq, 2008.

Syihabuddin, Mau’idzah Hasanah Dalam al-Qur’an Dengan Bimbingan Konseling Islam” Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 36, No. 1, Maret, 2017.

al-Tabataba, al-Sayyed Muhamad Husyain. al-Mazan Fi Tafsir al-Qur’an, Beirut: Muassasah al-A’Lami Li Al-Matbu’at, 1972.

Ath-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir, Ahsan Askan Terjemah, Besus Hidayat Ed., Tafsir al-Thabari, Jakarta: Pustaka Azzam, 2008.

Zakaria, Ahmad bin Faris bin. Mu’zam al-Maqayis Fi al-Lughah, Beirut: Dar Fikr, 1994.

Unduhan

Diterbitkan

24-12-2024

Cara Mengutip

Taufan, & Aminullah, M. (2024). Konsep Pendidikan Beradaskan Term Al-Mau’idzah Dalam Al-Qur’an, QS. Al-Nahl/16: 125, Al-Baqarah/2: 232, Al-Nisa/4: 34, 66, Yunus/10: 57: Introduction, Metode Penelitian, Pengertian Al-Mau’idzah, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Kesimpulan, Bibliography. Rahmad : Jurnal Studi Islam Dan Ilmu Al-Qur’an , 2(2), 72–87. https://doi.org/10.71349/rahmad.v2i2.26

Terbitan

Bagian

Artikel