Tharikh Al-Quran (Pengumpulan Al-Quran Pada Masa Rasulullah dan Sahabat)
DOI:
https://doi.org/10.71349/rahmad.v2i2.29Kata Kunci:
Tarikh Al-Quran, Masa Rasulullah, Masa SahabatAbstrak
Salah satu aspek penting yang harus diketahui tentang Al-Qur’an yaitu mengenai proses pengkodifikasian atau pembukuan Al-Qur’an pertama kali, atau biasa disebut dengan Jam’ul Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penulisan
Al-Qur’an yang terjadi pada masa Nabi maupun pengumpulan lembaran-lembaran AlQur’an pada masa sahabat. Penelitian ini bersifat library research dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan sejarah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Jam’ul Qur’an adalah suatu proses mengumpulkan, menghimpun atau menyatukan Al-Qur’an. Pengumpulan Al-Qur’an ini dibagi menjadi dua yaitu; pengumpulan dalam dada lewat hafalan dan pengumpulan dalam arti penulisan dan pembukuan. Pada masa Nabi, pengumpulan Al-Qur’an lebih banyak dilakukan dengan menggunakan hafalan karena Nabi yang ummi dan pada saat itu belum memadainya alat tulis. Sedangkan pada masa sahabat pengumpulan Al-Qur’an terjadi secara bertahap, dimulai dari pengumpulan lembaran-lembaran Al-Qur’an yang ditulis pada pelepah kurma, kulit kayu dan lain-lain disusun menjadi mushaf al-Quran, kemudian penggandaan mushaf dikarenakan penyebaran wilayah islam yang makin luas, dan penyempurnaan penulisan Al-Qur’an guna memudahkan umat Islam di luar Arab dalam membacanya.
Referensi
Acim, Subhan Abdullah. Kajian Ulumul Qur’an. Mataram: CV Al- Haramain Lombok, 2020.
Al-Ishfahaniy, al-Raghib, Mu’jam Mufradat al-Fazh Alquran (Beirut: Dar al-Fikr t.t Al-Nejd, Abu Zahra, Alquran dan Rahasia Angka-angka, terjemahan Agus Effendi Jakarta: Pustaka Hidayah, 1991.
Al-Qasthalaniy, Lathaif al-Isyarah li Funun al-Qiraah Kairo: T.p, 1972.
Al-Qaththan, Manna. Mabahits fi ‘Ulum Al-Quran, Beirut: Muassasah al-Risalah, 1994.
…….. Mabahis fi Ulumul Qur’an, Terj. Aunur Rafiq el-Mazni, Pengantar Studi Ilmu Al-Quran. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006.
Al-Qurthubiy, Abu ‘Abd Allah bin Muhammad bin Ahmad, al-Jami’ li Ahkam Al-Quran kairo: Dar al- Kitab al-Arabiy, 1967.
Al-Zarkasyi, Badr al-Din Muhammad, al-Burhan fi ‘Ulum Al-Quran, Mesir: ‘Isa al-Babiy al-halabiy t.t Hidayat, Nur. Pembelajaran Ilmu-Ilmu Al-Quran. Bengkulu: Aswaja Pressindo,2021.
HM, Sahid. Ulum Al-Quran (Memahami Otentikasi Al-Quran). Surabaya: Pustaka Idea, 2016.
Ismail, Bakr Muhammad, Dirasat fi ‘Ulum Alquran Cet ke 1; Beirut: Dar al-Fikr,1991.
Ismail, Sya’ban Muhammad, al-Madkhal li Dirasah Al-Quran wa al-Sunnah wa al-Ulum al-Islamiyyah Kairo: al-Anshar, 1980.
Muh. Syahrul Muharram. Jam'ul Qur'an: Proses Modifikasi dan Pembukuan Al-Quran pada Masa Nabi Dan Sahabat. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam. Vol. 10. No 2 2024.
Muhsin Mahfudz. Nilai Kesantunan dalam Universilitas Zikir. Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Quran. Vol. 10. No 2 2019.
Mujib, Abdul, Hakekat Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Islam, Jurnal Ri’Ayah, Vol. 4, No. 01, Januari-Juni 2019.
Shihab, Muhammad Quraish, Membumikan Al-Quran, Bandung: Mizan, 1992.
Shirazi, Nasir Makarim, Al-Amtsal fi Tafsir Alah al-Munzal (Jilid 1), diterjemahkan oleh Ahmad Kamil, (Jakarta: Sadra Internasional Institute, 2015.
Sri Afni, Muhammad Rohan Daulay, Al-Qur’an Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan, Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1 Tahun 2023
Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet ke 1; Jakarta: Balai Pustaka, 1988.
Tursinawati, dkk, Ilmu Pengetahuan Dalam Pandangan Al-Qur’an dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sains, Jurnal Pesona Dasar, Vol. 8. No. 2, Oktober 2020
Khotimah, Paradigma dan Konsep Ilmu Pengetahuan Dalam Al-Qur`an. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, vol. 9. No. 1 2014.
Yasir, Muhammad dan Ade Jamaruddin. Studi Al-Quran. Pekan Baru: CV. Asa Riau, 2016
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ismail Ismail, Halima, Andi Andi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The works shared below License Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA)


