Strategi Literasi Digital Berbasis Nilai Moderasi Beragama
DOI:
https://doi.org/10.71349/rahmad.v3i1.37Kata Kunci:
moderasi agama, literasi digital, islamAbstrak
Perkembangan era digital telah mendorong transformasi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam penyebaran informasi yang semakin cepat namun juga rawan disinformasi. Hal ini menuntut pentingnya literasi digital, tidak hanya dari sisi teknis tetapi juga dari sisi etika dan nilai. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji strategi literasi digital yang berbasis nilai-nilai federasi beragama, itu seperti tasamuh, tawasuth, tawazun, musawah, islah, dan qudwah. Sebagai upaya untuk membentuk karakter masyarakat digital yang inklusif, bijak, dan bertanggung jawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai tersebut mampu meningkatkan kesadaran pengguna terhadap pentingnya beretika dalam ruang digital, seperti menghargai perbedaan, menghindari ujaran kebencian, serta menyebarkan konten yang damai dan mendidik. Nilai qudwah juga berperan penting dalam menumbuhkan keteladanan digital melalui peran tokoh publik Yang menjadi panutan. Dengan demikian, literasi digital berbasis moderasi beragama dapat menjadi strategi efektif dalam membentuk masyarakat digital yang tidak hanya cakap secara teknologi, tetapi juga kuat secara moral.
Referensi
Agnez z. yonatan Indonesia Habiskan 188 Menit per Hari Akses Media Sosial. Diakses melalui https://goodstats.id/article/indonesia-habiskan-188-menit-per- hari-akses-media-sosial-qtU1j?utm_source. 2025.
Agusta, E. S. Pemanfaatan Literasi Digital Keagamaan Dalam Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama Siswa. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 2024. https://doi.org/10.54124/jlmp.v21i1.125
Bahraen, S. Moderasi Beragama Pada Buku Digital Madrasah Tsanawiyah: Analisis Buku Fiqih Kelas VIII. El-Hikmah: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2023. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v17i1.7176
Cahya, M. N., Ningsih, W., & Lestari, A. Dampak media sosial terhadap kesejahteraan psikologis remaja: tinjauan pengaruh penggunaan media sosial pada kecemasan dan depresi remaja. Jurnal Sosial Teknologi, 2023.
Hidayah, I. Navigasi Ruang Digital: Peran Guru dalam Kampanye Moderasi Beragama melalui Media Sosial. Journal of Education Research, 4 (4), https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.682 2023.
Ignatia maria sri sayekti Webinar Ciptakan Ruang Digital Positif Tanpa Diskriminasi,Hadapi Judol&Konten Negatif, diakses di https://pressrelease.kontan.co.id/news/webinar-ciptakan-ruang-digital-positif-tanpa- diskriminasihadapi-judolkonten-negatif?utm_source, 2024.
Ilham, I., Muliana, S., Sihombing, S. M., Rahmitha, S., & Sirait, A. K. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Dalam Meningkatkan Efektivitas Dakwah di Era Digital. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2025.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Modul Literasi Digital. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2017.
Mutiarani, U. P., Karimah, I. N., & Syarafa, Y. P. Etika Komunikasi dalam Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Harmoni Nusa Bangsa, 2024.
Sonya hellen sinombor Kekerasan Meningkat, Lindungi Perempuan di Era Digital. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/03/10/kekerasan- meningkat- lindungi-perempuan-di-era-digital?utm_source, 2023.
Ulfa, M. Menjaga Moderasi Beragama di Era Digital: Tantangan dan Strategi Menghadapi Teknologi. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 2024.
Sanusi, S. Peningkatan kompetensi guru pendidikan agama Islam berbasis musyawarah guru mata pelajaran pada sekolah menengah pertama di Kota Palopo Propinsi Sulawesi Selatan. Holistik: Journal For Islamic Social Sciences, 2017.
Simanjorang, J. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PAI melalui Pelatihan Berbasis Teknologi. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2024.
Harlina, H. Prinsip Dasar Kesetaraan (Musawah) dalam Membangun Nilai Karakter Peduli Sosial yang Berkelanjutan. Universal Explorations In Research, 2024.
Nurcahyoadi, M., Hudaifi, M. F., Blawing, M. R., & Ghofur, A. Konsep Tawazun dan Aktualisasinya dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Jurnal Studi Multidisipliner, 2024.
Arikarani, Y., Azman, Z., Aisyah, S., Ansyah, F. P., & Kirti, T. D. Z. Konsep Pendidikan Islam Dalam Penguatan Moderasi Beragama. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 2024.
Farkhan, M. A. Konsep Tasamuh (Toleransi) Menurut Para Ulama Islam dan Tokoh Barat. Rahmad: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Al-Qur'an, 2023.
Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 2024.
Ayyasy, A. N., & Maelani, S. Tantangan Kompetensi SDM dalam Menghadapi Era Digital: Sebuah Literatur Review. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 2024.
Tempo.co. Survei APJII: 221 Juta Penduduk Indonesia Sudah Terkoneksi Internet. https://www.tempo.co/digital/survei-apjii-221-juta-penduduk-indonesia- sudah-terkoneksi-internet-91753 2023.
Thulhidjah, M. Perilaku Penyebaran Berita Hoax dan Hate Speech pada Kalangan Mahasiswa Di Instagram. 2024.
Dwiyanto, D. Analisis Penyebaran Hoax Covid-19 Melalui Media Sosial Di Indonesia Tahun 2020-2021. Praja observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik e-ISSN: 2797-0469, 2021.
Sarjito, A. Hoaks, Disinformasi, dan Ketahanan Nasional: Ancaman Teknologi Informasi dalam Masyarakat Digital Indonesia. Journal of Governance and Local Politics (JGLP),
Zainuddin, Z. Islah Dalam Pemahaman Qur’an Hadis. Jurnal Ilmiah Al-Mu'ashirah: Media Kajian Al-Qur'an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 2022.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 AFFAN NAJMUDIN

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The works shared below License Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA)


