Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.71349/rahmad.v1i1.4Kata Kunci:
Pendidikan, Akhlak, Al-Qur'anAbstrak
Akhlak bersumber dari apa yang menjadi ukuran baik dan buruk atau mulia dan tercela. Sebagaimana keseluruhan ajaran Islam, sumber akhlaq adalah al-Qur’an dan as-Sunnah, bukan akal pikiran atau pandangan masyarakat sebagaimana pada konsep etika dan moral. Islam merupakan agama yang sempurna, sehingga setiap ajaran yang ada dalam Islam memiliki dasar pemikiran, begitu pula dengan pembentukan akhlak mulia. Tidak diragukan lagi bahwa pembentukan akhlak dalam agama Islam bersumber pada al-Qur’an dan as-Sunnah. Al-Qur’an sendiri sebagai dasar utama dalam agama Islam telah memberikan petunjuk pada jalan kebenaran, mengarahkan kepada pencapaian kebahagiaan di dunia dan akhirat.
Referensi
Abdul Mujib, Kepribadian dalam Psikologi Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007)
Abdullah Nasikh Ulwan, Pendidikan Anak menurut Islam Kaidah-kaidah Dasar, (Bandung: Remaja Rodakarya, 1992).
Abudin Nata, Akhlak Tasawuf, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008).
Ahmad, Implementasi Akhlak Qur’ani, (Bandung: PT Telekomunikasi Indonesia, 2002)
Ali Badawi, Imbalan dan Hukuman Pengaruhnya bagi Pendidikan Anak, (Jakarta: Gema
Insani Press, 2002).
Asnelly Ilyas, Mendambakan Anak Saleh : Prinsip-prinsip Pendidikan Anak dalam Islam,
(Bandung: Al-Bayan, 1996).
Fadlil Yuni Ainusysyam, Pendidikan Akhlak, (t.t: PT Imtima, 2009).
Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos, 1999).
Ibnu Miskawaih, Tahzib al-Akhlak wa Tathhir al-A’raq, (Mesir: al-Mathba’ah al-Mishriyyah, 1934).
Ibrahim Anis, al-Mu’jam al Wasith, (Mesir: Dar al-Ma’arif, 1972).
Imam al-Ghazali, Ihya’ Ulum al-Din, Jilid III, (Beirut: Dar al-Fikr, t.t).
Mahmud Yunus, Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran, (Jakarta: Hida Karya Agung, 1978), Cet. II
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ilham

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The works shared below License Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA)


