Asesmen dan Intervensi Psikologi Terhadap Kesulitan Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.71349/rahmad.v3i1.44Kata Kunci:
Kesulitan belajar, Intervensi,Abstrak
Tulisan ini mengkaji tentang kesulitan belajar siswa yang merupakan suatu konsep multi disipliner yang digunakan dalam ilmu pendidikan. Setiap siswa pada prinsipnya berhak memperoleh peluang untuk mencapai kinerja akademik (academic performance) yang memuaskan. Namun dari kenyataan sehari-hari tampak jelas bahwa setiap siswa memiliki perbedaan dalam hal kemampuan intelektual, kemampuan fisik, latar belakang keluarga, kebiasaan, dan pendekatan belajar yang terkadang sangat mencolok antara seorang siswa satu dengan siswa lainnya. Sementara itu penyelenggaraan pendidikan di Sekolah pada umumnya hanya ditujukan kepada para siswa yang berkemampuan rata-rata, atau bahkan hanya siswa yang memiliki kemampuan di atas rata sehingga siswa yang kemampuan di bawah rata-rata kurang mendapat perhatian, bahkan tidak jarang terabaikan. Salah satu faktor kesulitan belajar siswa adalah disebabkan lemahnya kemampuan siswa dalam menguasai pengetahuan, ketrampilan dasar tertentu pada sebagian materi pelajaran yang harus dikuasai sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan pada salah satu sekolah menengah pertama yang nama dan tempat sekolanya disamarkan sebagai sebuah bentuk privasi. Data yang telah terkumpul kemudian digambarkan dan dijelaskan secara naratif. Masalah yang ada kemudian diberikan beberapa pola intervensi psiklogi dengan cara konseling individu, konseling teman sebaya dan konseling keluarga yang bersifat teoritis.
Referensi
Abin, S.M., Psikologi Pendidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Abu Ahmad dan Widodo Supriono, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
Anak Agung Ngurah, Bimbingan dan Konseling Aplikasi; Aplikasi Di Sekolah Dasar Dan Taman Kanak-Kanak, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Arif S. Sadiman, Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatanya, Jakarta: CV. Rajawali, 1990.
A.R.Faqih, Bimbingan dan Konseling Dalam Islam, Yogyakarta:UII Press,2004.
Cece Wijaya, Pendidikan Remedial Sarana Pembangunan Mutu Sumber DayaManusia, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.
Hunainah, Teori dan Implementasi Model Konseing Sebaya, (Bandung: Rizqi Press, 2011).
Kementerian Agama Republik Indonesia. al-Qur’anulKarim. Jakarta: PT Al-Qosbah Karya Indonesia, 2021.
Koestoer dan Hadisuparto, Diagnosa dan Pemecahan MasalahKesulitan Belajar, Jakarta: Erlangga, 1978.
Lahmuddin Lubis, Konseling dan Terapi Islami, Medan: Perdana Publishing, 2021.
Minuchin, S., Familiy and Family Therapy, Cambridg, MA: Harvard University, 1999.
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
___________, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2006.
___________, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.
M. Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan; Berdasarkan Kurikulum Nasional IAIN Fakultas Tarbiyah, Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya, 2007.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT.Raja Grasindo Persada, 1990.
Slameto, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1991.
Siti Mardiyati, et. al., Layanan Bimbingan Belajar, Surakarta : Penerbit UNS, 1994.
Sugihartono, dkk., Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press. 2007.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Suriyadi, Layanan Konseling Islami Bagi Kesulitan Belajar Dalam Pendidikan Islam, Jurnal Islamika: Vol. 13, No. 2, 2013.
Warkitri, H. et al. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar, Jakarta: Karunika, 1990.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yan Yan Supriatman

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The works shared below License Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA)


