Metode Pendidikan Perspektif Al-Qur’an

Penulis

  • Muhammad Hisyam Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Bima

DOI:

https://doi.org/10.71349/rahmad.v1i1.3

Kata Kunci:

Metode, Pendidikan, Al-Qur'an

Abstrak

Tulisan ini menjabarkan pandangan dan solusi al-Quran yang merupakan pedoman hidup umat Islam terhadap problematika-problematika pendidikan. Adapun metode tematik dipilih menjadi metode analisis dalam penulisan ini, karena menurut al-Farmawi metode ini lazimnya dipakai untuk mengkaji problematika kontemporer umat sebagai upaya kontekstualisasi pesan al-Quran. Al-Quran menyajikan banyak hikmah sebagaimana yang banyak digali dan dikaji oleh para mufassir, klasik maupun kontemporer. Di dalam kalam Ilahi ini dapat ditemukan berbagai hikmah yang berkaitan dengan pendidikan khususnya metode pendidikan yang seyogyanya dapat diadopsi oleh para pendidik. Banyak ayat Al-Quran yang mengambarkan bagaimana dakwah Nabi Muhammad saw. yang menyentuh hati kaumnya dengan prinsip-prinsip yang dapat diimplementasikan dalam metode pendidikan. Antara lain dengan hikmah yang disampaikan melalui kisah-kisah (qashas), perumpaman-perumpamaan (amtsal), nasihat yang baik (mau’idzah hasanah), pelajaran dari kisah (ibrah), maupun berdiskusi dengan cara terbaik (jidal ahsan).

Referensi

Abdullah, Abdurrahman Saleh. Educational Theory a Quranic Outlook, Terj. M. Arifin dan Zainuddi, Jakarta: Rineka Cipta, 2005

Al-Alusi, Ruh al-Ma’ani, Beirut: Dar al-Ihya’ at-Turats al-‘Arabi, t.t., vol. IV

Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2014

Hamka. Tafsir Al-Azhar, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1983, vol. 3

Al-Jazairi, Abu Bakr. Aisar at-Tafasir, t.p., t.t., vol. I

Katsir, Ibnu. Tafsir al-Quran al-‘Adzim, Madinah: Dar Thayyibah, 1999, vol. V

Manzhur, Muhammad bin Mukrim bin. Lisan al-‘Arab, Beirut: Dar Shadir, tt., vol. 12

Mulkan, Abdul Munir. Paradigma Intelektual Muslim, Yogyakarta: SI Press, 1993

Al-Nahlawi, Abdurrahman. Ushulut Islamiyah wa Asalibuha, Terj. Herry Noer Ali, Bandung: Diponegoro, 1989

Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010

Al-Qurthubi, Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad Al-Anshari. Al-Jami’ li Ahkam Al-Qur’an, Beirut: Dar Al-Fikr, 1999, vol. 10

Quthb, Sayyid Tafsir fi Zhilali al-Qur’an, Terj. As’ad Yasin, Jakarta: Gema Insani Press, 2003, vol. 4

Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2015

Al-Shabuni, Muhammad Ali. Shafwah al-Tafasir, Terj. KH. Yasin, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2011

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbāh, Jakarta: Lentera Hati, 2012, vol. 2

Al-Suyuthi, Jalaluddin. Jami’ al-Ahadits, tp.,tt., no. 959, vol. 2

Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Quran. Bandung: Alfabeta, 2009

Al-Syaibani, Omar Muhammad. Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979

Syam, Muhammad Noor. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional, 1986

Al-Syeikh, Abdullah bin Muhammad. Lubab al-Tafsir min ibn Katsir, Terj. Abd. Ghoffar, Bogor: Pustaka Imam Syafii, 2003, vol. 5

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Ulwan, Abdullah Nashih. Child Education in Islam, Cairo: Dar al-Salam, 2004

Yusuf, Kadar M. Tafsir Tarbawi: Pesan-pesan Al-Quran tentang Pendidikan, Jakarta: Amzah, 2013.

Unduhan

Diterbitkan

16-06-2023

Cara Mengutip

Muhammad Hisyam. (2023). Metode Pendidikan Perspektif Al-Qur’an. Rahmad : Jurnal Studi Islam Dan Ilmu Al-Qur’an , 1(1), 31–42. https://doi.org/10.71349/rahmad.v1i1.3

Terbitan

Bagian

Artikel