Metode Pendidikan Perspektif Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.71349/rahmad.v1i1.3Kata Kunci:
Metode, Pendidikan, Al-Qur'anAbstrak
Tulisan ini menjabarkan pandangan dan solusi al-Quran yang merupakan pedoman hidup umat Islam terhadap problematika-problematika pendidikan. Adapun metode tematik dipilih menjadi metode analisis dalam penulisan ini, karena menurut al-Farmawi metode ini lazimnya dipakai untuk mengkaji problematika kontemporer umat sebagai upaya kontekstualisasi pesan al-Quran. Al-Quran menyajikan banyak hikmah sebagaimana yang banyak digali dan dikaji oleh para mufassir, klasik maupun kontemporer. Di dalam kalam Ilahi ini dapat ditemukan berbagai hikmah yang berkaitan dengan pendidikan khususnya metode pendidikan yang seyogyanya dapat diadopsi oleh para pendidik. Banyak ayat Al-Quran yang mengambarkan bagaimana dakwah Nabi Muhammad saw. yang menyentuh hati kaumnya dengan prinsip-prinsip yang dapat diimplementasikan dalam metode pendidikan. Antara lain dengan hikmah yang disampaikan melalui kisah-kisah (qashas), perumpaman-perumpamaan (amtsal), nasihat yang baik (mau’idzah hasanah), pelajaran dari kisah (ibrah), maupun berdiskusi dengan cara terbaik (jidal ahsan).
Referensi
Abdullah, Abdurrahman Saleh. Educational Theory a Quranic Outlook, Terj. M. Arifin dan Zainuddi, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Al-Alusi, Ruh al-Ma’ani, Beirut: Dar al-Ihya’ at-Turats al-‘Arabi, t.t., vol. IV
Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2014
Hamka. Tafsir Al-Azhar, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1983, vol. 3
Al-Jazairi, Abu Bakr. Aisar at-Tafasir, t.p., t.t., vol. I
Katsir, Ibnu. Tafsir al-Quran al-‘Adzim, Madinah: Dar Thayyibah, 1999, vol. V
Manzhur, Muhammad bin Mukrim bin. Lisan al-‘Arab, Beirut: Dar Shadir, tt., vol. 12
Mulkan, Abdul Munir. Paradigma Intelektual Muslim, Yogyakarta: SI Press, 1993
Al-Nahlawi, Abdurrahman. Ushulut Islamiyah wa Asalibuha, Terj. Herry Noer Ali, Bandung: Diponegoro, 1989
Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010
Al-Qurthubi, Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad Al-Anshari. Al-Jami’ li Ahkam Al-Qur’an, Beirut: Dar Al-Fikr, 1999, vol. 10
Quthb, Sayyid Tafsir fi Zhilali al-Qur’an, Terj. As’ad Yasin, Jakarta: Gema Insani Press, 2003, vol. 4
Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2015
Al-Shabuni, Muhammad Ali. Shafwah al-Tafasir, Terj. KH. Yasin, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2011
Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbāh, Jakarta: Lentera Hati, 2012, vol. 2
Al-Suyuthi, Jalaluddin. Jami’ al-Ahadits, tp.,tt., no. 959, vol. 2
Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Quran. Bandung: Alfabeta, 2009
Al-Syaibani, Omar Muhammad. Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979
Syam, Muhammad Noor. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional, 1986
Al-Syeikh, Abdullah bin Muhammad. Lubab al-Tafsir min ibn Katsir, Terj. Abd. Ghoffar, Bogor: Pustaka Imam Syafii, 2003, vol. 5
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Ulwan, Abdullah Nashih. Child Education in Islam, Cairo: Dar al-Salam, 2004
Yusuf, Kadar M. Tafsir Tarbawi: Pesan-pesan Al-Quran tentang Pendidikan, Jakarta: Amzah, 2013.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Hisyam

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The works shared below License Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA)


